Saturday, June 18, 2016

Chapter 2 - Project Success

Keberhasilan dan kegagalan suatu project dapat didefinisikan seperti pada project yang telah memenuhi tujuan dari scope , time dan cost dari project tersebut, kepuasan dari customer atau sponsor, dan hasil dari project tersebut ketika sudah memenuhi tujuan utama project .
Dalam menentukan keberhasilan suatu project terdapat 4 hal penting yang menjadi suatu dimensi dalam kesuksesan suatu project , yaitu :

  1. Project efficiency yang memenuhi budget dan spesifikasi dari project
  2. Impact on customer yaitu yang memenuhi technical specification dan mengatasi kebutuhan apa saja dari customer
  3. Business success yaitu telah mencapai jumlah yang signifikan dari kesuksesan komersial
  4. Preparing for the future yaitu melakukan inovasi baru seperti membuka pasar yang baru , teknologi dan produk baru.
Terdapat faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan project seperti keterlibatan dari top management yang mendukung keberlangsungan project , keterlibatan user , manajemen dalam project scope dan time yang baik , project manajer yang berkompeten dan memiliki berbagai pengalaman dalam melaksanakan project , manajemen dalam berhubungan kepada pihak-pihak yang terkait serta mengatasi berbagai risiko yang muncul dalam project tersebut .

Selain faktor keberhasilan , terdapat 6 faktor yang menjadi suatu kesalahan dalam menjalankan project :
  1. Tidak mengerti atau memahami requirement yang dibutuhkan.
  2. Memulai project tanpa adanya perencanaan
  3. Kurangnya komunikasi dalam menjalankan project
  4. Kurang sumber daya, skill dan pengetahuan 
  5. Gagal dalam mengatur dan melakukan kontrol
  6. Gagal dalam belajar dari masa lalu. 
PROGRAM MANAGEMENT 
merupakan sebuah program dari sekelompok proyek terkait yang dikelola secara terkoordinasi untuk mendapatkan keuntungan dan kontrol yang tidak tersedia dari pengelolaan mereka secara individu. 
Dalam program management terdapat 3 level , yaitu :
  • Portfolio management yang berfokus pada level strategic untuk mendapatkan business value
  • Program management merupakan kumpulan dari project yang saling berkaitan dan terkoordinasi dan lebih berhubungan dengan stakeholder value.
  • Project management yang merupakan level paling bawah , dan pada level ini lebih pada praktik yaitu dengan menjalankan project-project dan mengukur kesuksesan pada scope, schedule, budget dan kualitas. 
THE ROLE OF PROJECT MANAGER 
Project manager memiliki peran dan memiliki job descriptions yaitu melakukan perencanaan, schedule, control , mengatur , memprioritaskan, mengembangkan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan menganalisa dari project dan seorang project manajer dapat bekerja di berbagai industri dan organisasi. 

LEADER VS MANAGER 
Terdapat perbedaan antara leader dan manager.
  • Leader  memiliki fokus pada tujuan dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki gambaran besar pad objective nya serta menginspirasi , memotivasi orang-orang yang ada disekitarnya untuk mencapai tujuannya. Seorang leader biasanya melakukan hal yang benar dan menentukan visinya. 
  • Manager tidak berfokus pada tujuan yang berjangkan panjang namun hanya menjalankan tugas hari per hari untuk mencapai tujuan yang spesifik. Manajer akan melakukan hal dengan benar (do things right) dan hanya menerima visi saja.
      Refleksi :
   Sebuah keberhasilan dan kegagalan dalam project sangat ditentukan pada berbagai faktor. Untuk mencapai keberhasilan maka project perlu dipertimbangkan secara matang mulai dari perencanaan hingga project tersebut selesai. Semua orang yang terlibat pada project memiliki peran dan menjadi faktor penting untuk mencapai keberhasilan project.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment