Monday, July 25, 2016

Chapter 12 – Plan Risk Responses

Plan Risk response menentukan tindakan respon yang efektif dan sesuai denfan prioritas dari individual risiko dan seluruh risiko projek. Tujuan dan objektif dari perencanaan proses respon terhadap risiko yaitu untuk menentukan serangkaian tindakan yang paling meningkatkan peluang keberhasilan proyek sekaligus mematuhi berlaku kendala organisasi dan proyek dan bertanggung jawab untuk pemantauan kondisi projek dan implementasi tindakan yang jelas.

Terdapat faktor-faktor keberhasilan dari merencanakan proses respon terhadap risiko. Berikut merupakan faktor-faktornya:


Dalam risk response planning terdapat 3 faktor keberhasilan , yaitu people, planning dan analysis.
Perencanaan risk response ini orang-orang yang terlibat harus berkomunikasi dengan berbagai stakeholder secara terbuka dan dengan cara yang tepat . Selanjutnya orang yang terlibat dalam projek harus memiliki peran dan tanggung yang jawab yang jelas terhadap projek. 
Dalam Planning harus menentukan waktu dari respon risiko tersebut dan menyediakan sumber daya , budget serta jadwal dalam melakukan respon. 
Sedangkan dalam faktor analisa harus memenuhi interaksi terhadap risiko dan respon, memastikan kesesuaian waktu, keefektifan dan respon persetujuan bersama, selanjutnya memenuhi ancaman dan peluang dari projek serta harus mengembangkan strategi. 

Risk respon strategi perlu dikembangkan oleh projek manajer untuk individual risk, sets of risk dan projek level risk dan stakeholder seharusnya memiliki keterlibatan dalam menentukan strategi yang akan digunakan pada projek.
Terdapat 4 risk respon strategi , yaitu :
  •         Menghindari anacaman atau memanfaatkan peluang
  •          Pemindahan ancaman atau berbagi peluang
  •          Mengurangi ancaman atau meningkatkan peluang
  •          Menerima ancaman atau peluang

Selain itu terdapat 4 kategori dari alat dan teknik untuk perencaan proses respon risiko , yaitu :
  •          Creativity tools untuk mengidentifikasi respon secara potensial
  •          Decision-support tools untuk menentukan respon potensial yang optimal
  •          Strategy implementation techniques di desain untuk menjalankan strategi ke sebuah tindakan
  •          Alat untuk mentransfer kontrol ke proses Risiko Memantau dan Pengendalian
perencanaan respon resiko didasarkan pada informasi yang ditempatkan di daftar risiko selama pelaksanaan mengidentifikasi risiko dan melakukan proses analisis


Related Articles

0 comments:

Post a Comment