Tuesday, June 21, 2016

Chaper 5 -6 The importance of Project Risk Management (PRM)



The importance of Project Risk Management (PRM) 

PRM merupakan seni dan ilmu dalam mengidentifikasi,menganalisi dan menanggapi risiko dari berjalannya proyek dan untuk kepertingan terbaik. 

Berikut tujuan dari project risk management : 

- PRM Bisa sering mengakibatkan perbaikan yang signifikan di akhir keberhasilan proyek.
- PRM Dapat memiliki dampak positif pada proyek memilih, menentukan ruang lingkup proyek, dan mengembangkan realistis jadwal dan perkiraan biaya.
- PRM Membantu stakeholder proyek untuk memahami sifat proyek, melibatkan anggota tim dalam mendefinisikan kekuatan dan kelemahan, dan membantu untuk mengintegrasikan proyek lainnya bidang pengetahuan manajemen.

Risiko merupakan kemungkinana adanya kerugian , dimana resiko tidak dapat dipastikan jika akan terjadi . 

Project Risk Management  (PRM) dapat memiliki ketidakpastian yang dapat memiliki efek negatif / positif untuk memenuhi tujuan proyek
• risiko negatif = bentuk asuransi (kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi
dampak peristiwa yang berpotensi merugikan pada proyek)
• Risiko Positif = seperti investasi di peluang


Dalam PRM organisasi yang berbeda dan orang memiliki yang perbedaan toleransi risiko (teori utilitas risiko), ada tiga preferensi risiko, yaitu:
- Toleransi Netral
- Keengganan risiko
- Pencari resiko

Tujuan dari PRM : 
- meminimalkan risiko negatif yang potensialsementara memaksimalkan risiko positif potensial
- Risiko Disebut = risiko bahwa tim proyek telah diidentifikasi dan dianalisis
- Risiko diketahui = risiko yang belum diidentifikasi dan dianalisa, tidak dapat dikelola

Ada 6 proses utama yang terlibat dalam PRM : 
- Planning risk management : memutuskan bagaimana mendekati san merencanakan kegiatan manajemen resiko untuk suatu proyek. 
- Indentifying risk : proses pemahaman peristiwa potensial mungkin menyakiti atau meningkatkan proyek tertentu, dimana hal ini dapat mengidentifikasi potensi resiko lebih awal, mengidentifikasi resiko berdasarkan pada perubahan lingkungan proyek dan kita tidak bisa mengelola resiko jika melakukan pengidentifikasian pada awal. 
-Performing qualitative risk analysis : mengidentifikasi resiko yang paling penting dengan menggunakan matriks probabilitas atau dampak untuk menghitung faktor resiko probabilitas atau dampak untuk menghitung faktor resiko. 
-Performing quantitative risk analysis : analisis resiko ini sering mengikuti analisis resiko kualitatif, baik proses bisa dilakukan secara bersama-sama atau terpisah, sifat dari proyek dan ketersediaan waktu dan uang mempengaruhi jenis analisis resiko yang digunakan untuk komplrks dan besar sering membutuhkan analisis resiko kuantitatif yang luas. 
-Planning risk responses : proses pengembangan pilihan dan menentukan tindakan untuk meningkatkan kesempatan akan mengurangi ancaman terhadap tujuan proyek ini mengikuti analisis resiko kualitatif dan kuantitatif. 
-Monitoring and controling risk : tujuan utama dari prosesini adalah mengidentifikasi,menganalisis dan merencanakan resiko-resiko yang baru muncul , melacak resiko terindentifikasi , menganalisa ulang resiko sekarang, memonitor kondisi pemicu rencana kontigensi, memonitor sisa resiko dan mereview pelaksanaan respon resiko saat mengevaluasi keefektivannya, hasil keluarnya adalah sebagai berikut, risk register,request changed , recommrnded corrective action. recommended preventive action, organizational process asset (updates), project management plan (update) 


Risk Register merupakan sebuah daftar resiko yang diidentifikasi dan informasi lainnya yang diperlukan untuk mulai membuat daftar resiko, selain itu risk register merupakan sebuah dokumen yang berisi hasil berbagai proses manahemen resiko yang sering ditampilkan dalam tabel atau formay spreadsheet yang merupakan alat untuk mendokumentasikan peristiwa potensi resiko dan informasi yang terkait. 




Related Articles

1 comment:

  1. TITanium's T-Stacks - T-Stacks | Titanium Stacks
    T-Stacks columbia titanium jacket is a company that focuses on producing quality quality T-Stacks. T-Stacks are small stakes betting titanium watch company which used ford edge titanium creates titanium blade quality microtouch titanium

    ReplyDelete